▿Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un

Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un - Mungkin ada diantara Sobat Pembaca Tafsir Mimpi yang saat ini sedang mencari informasi terkait "Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un" dan berusaha mencari tahu melalui internet. Lantas tanpa sengaja menemukan situs ini, maka kami ucapkan selamat datang untuk Sobat semuanya.

Nah, hadirnya Sobat di situs ini tentunya tertarik dengan judul artikel Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un, yang memang sengaja kami hadirkan untuk Anda semua. Kami menyajikannya dengan sederhana dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Oke yuk langsung saja ke pembahasannya.

Ulasan Lengkap Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un

Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un – Kalimat atau bacaan Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un, dikenal juga dengan bacaan “istirja”  atau “tarji”. Istirja’ adalah frasa yang sering digunakan umat Islam disaat ada orang yang tertimpa musibah dan biasa juga digunakan ketika menerima berita dukacita.

Umat Islam yakin bahwa Allah dalah Tuhan Yang Maha Esa. Semua yang kita miliki berasal dari Allah dan kepada-Nya juga lah sesuatu di kembalikan, termasuk diri kita. Sebagai umat Islam kita harus bersyukur dengan apa yang diberikan oleh-Nya dan harus ikhlas jika seswaktu-waktu diambil lagi oleh-Nya.

Saat sesuatu yang kita miliki kembali oleh Allah, biasanya kita akan mengucap kalimat Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un. Menurut syariat, jika kita besabar atas cobaan yang menimpah kita dan mengucapkan kalimat istirja’ maka kita akan diberi pahala oleh Allah.

Tetapi, ternyata masih banyak masyarakat di Indonesia yang masih bingung bahkan belum tahu bagaimana tulisan arab dari Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un. Seperti yang kita ketahui, jika kita salah sedikit saja ketika menulis bahasa Arab, maka akan mempengaruhi artinya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini YukSinau.co.id akan menjelaskan tentang Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un, beserta makna dan keutamannya. Untuk lebih jelasnya, yuk mari simak penjelasan berikut ini.

Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji'un

Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un

Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Roji'un

Kalimat Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un adalah potongan ayat dari Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 156. Berikut ini merupakan tulisan Arab, latin beserta artinya dari kalimat Inna lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ
Latin : Inna lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun
Artinya : “Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan kepada-Nya lah tempat kami kembali.”

Kalimat Inna lillaahi wa innaa ilaihi rooji’uun terdiri dari beberapa kosakata dalam bahasa Arab, masing-masing kata tersebut mempunyai artinya sendiri. Berikut ini kami uraikan kalimat Innalillaahi wa innailaihi rooji’uun perkata.

Tulisan Arab Tulisan Latin Artinya
اِنّا Inna Sesungguhnya kami adalah
لِلّهِ Lillahi Milik Allah
وَ Wa Dan
اِنّا Inna Sesungguhnya kami
اِلَيْهِ Ilaihi Kepada-Nya lah
رَجِعُوْنَ Rooji’un Tempat Kembali

Dalil Kalimat Innalillaahi Wa Innailaihi Rooji’uun.

Allah swt berfriman di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 156.

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ
Alladżīna idżā aṣābat-hum muṣībah, qālū innā lillāhi wa innā ilaihi rāji’ụn

Artinya :Orang-orang yang apabila ditimpa musibah, maka mereka mengucapkan Innalillaahi wa innaailaihi rooji’uun.

Selain berasal dari firman Allah dalam Al-Qur’an, kalimat Innalillaahi wa innaailaihi rooji’uun juga ada di dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللَّهُ: {إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} [البقرة: 156] ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا، إِلَّا أَخْلَفَ اللَّهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا

Artinya:

Jika ada seorang Muslim yang sedang mengalami musibah, kemudian mengucapkan kalimat yang Allah perintahkan innalillahiwainnailaihirojiun ( Al-Baqarah 156). Ya Allah berikanlah pahala untuk musibahku, dan gantilah untukku dengan sesuatu yang lebih baik darinya. Maka Allah akan mengganti untuknya dengan yang lebih baik.

Makna Kalimat Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un

Arti dari kalimat Innalillahi Wa Innailaihi Rooji’un adalah “sesungguhnya semua adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kami kembali”. Makna dari kalimat tersebut adalah salah satu bentuk penghambaan seorang hamba kepada Sang Khalik.

Kalimat Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un atau yang di sebut juga dengan kalimat istirja merupakan kalimat yang mempunyai makna mendalam. Dalam kalimat tersebut kita mengakui bahwa segala sesuatu adalah milik Allah.

Karena segala sesuatu yang ada di dunia ini milik Allah, maka hanya kepada-Nya lah tempat kita semua kembali.

Keutamaan Kalimat Innalillahi Wa Innailaihi Rooji’un

Kalimat Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un memiliki beberapa keutamaan, ketika diucapakan saat seseorang tertimpa musibah. berikut ini adalah beberapa keutamaan kalimat Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un.

1. Terhindar Dari Emosi

Yang pertama keutamaan dari kalimat Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un adalah terhindar dai emosi. Ktika kita mengucapkan kalimat tersebut saat tertimpa musibah, maka kita tidak akan berlebihan dalam menyikapi ujian yang Allah berikan kepada kita.

Kita tidak akan mudah marah dan merasa terlalu bersedih, karena dalm kalimat tersebut kita menyadari bahawa segala sesuatu yang kita miliki sesungguhnya adalah milik Allah dan akan kembali kepada-Nya.

2. Tidak Memberatkan Hati

Keutamaan yang kedua adalah, tidak memberatkan hati. Pada hakikatnya, ketika manusia diberikan ujian oleh Allah maka orang tersebut akan bersedih dan berat hati menerimanya. Sesungguhnya, ujian tersebut adalah bentuk kasih sayang Allah kepada hamba tersebut dan Allah akan memberikan pertolongan-Nya.

Saat kita merasa berat hati karena ujian dari Allah, maka ucapkanlah kalimat Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un supaya hati ini menjadi lapang dan membuat kita merasa tidak terbebani karena ujian tersebut.

3. Ikhlas dan Tawakkal Kepada Allah

Keutamaan yang ketiga adalah, ikhlas dan tawakkal kepada Allah. Saat kita telah memahami makna kalimat Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un maka kita akan mudah menyadari bahwa semua akan kembali kepada Allah. Hal itu lah yang kemudian membuat kita menjadi ikhlas dan bertawakkal kepada Allah.

Penggunaan dan Waktu Yang Tepat Mengucapkan Innalillahi

Banyak orang yang mengira bahwa musibah hanyalah kematian saja, sehingga banyak yang menggunakan kalimat Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un ketikaa mendengar berita kematian saja.

Sebenarnya apabila kita benar-benar memahami makna dari kalimat tesebut, kita akan menyadari bahwa kalimat itu tidak hanya diucapkan saat ada kabar kematian saja, tetapi kalimat tersebut memiliki kegunaan yang sangat luas.

Saat kita mendengar atau bahkan mengalami musibah, ada baiknya kita juga mengucap Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un. Karena pada hakikatnya, dalam surat Al-Baqarah 156, Allah memerintahkan kita pada saat mengalami musibah mengucapkan Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un.

Hikmah di Balik Kalimat Innalillahi

Selain memiliki beberapa keutamaan, kalimat Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un juga mengandung hikmah yang cukup banyak. Jika ada seseorang yang sedang mentalqin dan mengucapkan Innaalillahi Wa Innailaihi Rooji’un, maka di situlah sebenarnya Allah sedang mengingatkan kita.

Allah mengingatkan bahwa semua yang ada di alam dunia ini akan kembali kepada-Nya. Kalimat ini merupakan sebuah petunjuk yang mengarahkan kita supaya mendahulukan Allah diatas semuanya di dalam hiidup ini.

Saat kita sudah memahami hal tersebut, maka pada saat kita tertimpa musibah atau terkena masalah, maka kita langsung mengembalikankepada Allah. Kalimat ini juga membimbing kita supaya tidak bersedih ketika menghadapi cobaan dari Allah.

Maka dari itu, sebagi umat Islam, kita hatus selalu berbaik sangka kepada Allah, karena semua ujian dan cobaan yang kita hadapi meripakan salah satu bentuk kasih sayang Allah. Dan seharusnya ujian tersebut membuat iman kita menjadi lebih kuat lagi.

Demikianlah penjelasan dari YukSinau.co.id tentang Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un beserta makna dan keutamannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah mengunjungi artikel kami.

Jika ingin mengetahui materi lainnya tentang agama, mari kunjungi artikel berikut ini.

Artikel Lainnya :

The post Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un appeared first on YukSinau.co.id.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Jika Anda merasa ada yang kurang pas atau masih ada ganjalan saat membaca ulasan kami tentang ▿Tulisan Arab Innalillahi Wa Innalillahi Rooji’un, silahkan sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar dibawah artikel ini. Kami sangat menghargai setiap masukan dari para pembaca. Tak lupa kami sampaikan terima kasih karena sudi meluangkan waktu untuk mampir di situs kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam hangat dari kami.

Komentar